Friday, June 8, 2018

Manfaat buah mentimun yang perlu anda ketahui

Mentimun atau biasa disebut dengan timun merupakan buah yang sering digunakan untuk lalapan. Buah yang satu ini memiliki kandungan air serta beberapa vitamin yang tinggi, terkadang tidak hanya digunakan sebagai lalapan saja namun juga sering dibuat dan dijadikan sebagai bahan untuk membuat es buah.

Nama ilmiah dari buah ini adalah Cucumis sativus dengan ciri tanamannya tumbuh merambat. DiIndinesia sendiri mentimun mudah sekali kita dapatkan dengan harga murah, meskipun murah namun buah ini memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Dan langsung saja berikut ini manfaat mentimun untuk kesehatan tubuh.

manfaat timun

Manfaat mentimun untuk kesehatan


1. Baik untuk kesehatan kulit

Mentimun sangat baik untuk kesehatan kulit, buah ini memiliki sifat dingin dan bisa kita pakai untuk mengurangi rasa sakit atau iritasi pada luka. Selain itu buah dengan ciri bentuknya yang lonjong ini juga bermanfaat untuk kesehatan kulit kepala dan rambut. Untuk cara penggunaannya kita cukup membelah lalu mengusapkannya pada daerah luka atau pada kulit kepala.

2. Meredakan sakit kepala

Selain vitamin C mentimun juga mengandung vitamin B, gula, serta beberapa senyawa elektrolit lain yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Dengan beberapa kandungan tersebut buah ini dapat membantu meredakan sakit kepala. Mentimun dapat kita konsumsi ketika kita merasakan sakit kepala.

3. Baik untuk mengontrol kadar gula darah

Manfaat buah mentimun selanjutnya adalah untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Ya hal ini tentu sangat baik bagi seseorang yang menderita diabetes. Semua itu dikarenakan apabila kita makan buah yang satu ini maka dapat meningkatkan suatu hormon, dimana hormon ini sangat diperlukan pankreas untuk menghasilkan insulin.

4. Menurunkan kolestrol

Selanjutnya manfaat mentimun adalah menurunkan kolestrol. Perlu anda ketahui bahwa mentimun mempunyai kandungan sterol. Dimana kandungan sterol ini adalah senyawa yang bisa mengurangi kadar kolestrol.

5. Menurunkan berat badan

Mentimun merupakan buah yang sangat baik untuk membantu program diet anda. Buah ini kaya kandungan air yang berguna mengenyangkan perut anda, selain itu mentimun rendah kalori sehingga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Jadi jika anda sedang melakukan program diet maka jangan lupa untuk memasukkan mentimun dalam menu keseharian anda.

Nha itulah 5 manfaat yang bisa kita dapatkan apabila mengkonsumsi mentimun, selain kelima manfaat diatas mentimun juga berguna untuk menstabilkan tekanan darah serta mencegah kanker lho. Cukup sekian semoga informasi mengenai manfaat mentimun diatas bisa bermanfaat.

No comments:

Post a Comment