Wednesday, May 2, 2018

Manfaat daun jati yang jarang orang mengetahuinya

Jati adalah sebuah tumbuhan ya tumbuhnya tinggi menjulang dan bercabang cabang. Pohon dengan nama latin Tectona grandis L.f ini dapat tumbuh subur didaerah yang beriklim tropis. Dari dulu hingga sekarang pohon jati menghasilkan kayu dan kayunya sering kali digunakan untuk permebelan, seperti membuat almari, meja, kursi, kusen, dan lain sebagainya. Karena ketahanan kayu jati tersebut terhadap rayap maka tak mengherankan bahwa kayu jati memiliki harga yang cukup tinggi.

Selain kayu jati yang sering digunakan untuk keperluan permebelan ternyata daun jati juga sering dimanfaatkan untuk keperluan lain, seperti pembungkus dalam membuat tempe, sebagai pengganti genting didaerah pedalaman, dan lain sebagainya. Namun tahukan anda selain untuk keperluan tersebut ternyata daun jati juga mempunyai manfaat dibidang kesehatan.

manfaat daun jati


Kandungan zat pada daun jati


Daun jati memiliki beberapa senyawa/zat yang berguna untuk kesehatan tubuh. Diantaranya adalah

Saponin
Salah satu kandungan pada daun jati adalah Saponin, dimana zat ini berfungsi sebagai anti oksidan alami dari dalam tubuh guna menangkal radikal bebas dari luar. Selain itu antioksidan pada daun jati juga berguna untuk perawatan kulit, zat ini dipercaya berkhasiat mencegah penuaan dini yang terjadi pada kulit.

 Tanin


Zat tanin juga dapat ditemui pada kandungan daun jati, zat ini berguna untuk melawan bakteri yang datang dari luar sehingga kekebalan tubuh tetap terjaga.

Kuinon

Kuinon salah satu zat yang dapat ditemukan pada kandungan daun jati. Zat ini berfungsi untuk menambah vitamin yang tidak tercukupi dari asupan makanan lain.

Flavonoid
Kandungan pada daun jati selanjutnya adalah flavonoid, banyak manfaat yang dapat diambil dari kandungan yang satu ini. Dan salah satunya adalah melindungi tubuh dari alergi.

Quercetin

Salah satu manfaat dari zat quercetin adalah mencegah penyakit jantung. Penyakit ini merupakan penyakit mematikan, maka dari itu kita perlu melakukan pola hidup yang baik agar terhindar dari penyakit yang berbahaya.

Beberapa kandungan yang dimiliki daun jati tersebut tentunya sangat bermanfaat untuk dijadikan sebagai obat, salah satunya untuk menurunkan kadar kolestrol jahat pada tubuh. Seperti yang kita tahu bahwa jika kolestrol tubuh tinggi maka dapat menimbulkan beberapa komplikasi penyakit jantung. Jantung sendiri merupakan organ vital dalam tubuh, karena mempunyai tugas untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Maka tanpa jantung seseorang tidak bisa hidup.

Maka dari itulah kita harus selalu menjaga pola hidup sehat seperti makan teratur dengan makan yang mengandung nutrisi seperti sayuran dan menghindari konsumsi ikan daging merah secara berlebih, istirahat cukup, dan tentunya berolahraga. Dengan begitu maka tubuh kita dapat terhindar dari berbagai penyakit yang berbahaya.


Selain menurunkan kolestrol, daun jati juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi/hipertensi, tekanan darah tinggi sendiri merupakan kondisi yang dapat memicu berbagai penyakit. Untuk itu meminum rebusan daun jati dapat menurunkan/menormalkan tekanan darah. Ya karena daun jati memiliki kandungan Saponin, dimana kandungan ini berguna sebagai anti oksidan yang dapat melindungi tubuh dari berbagai virus dari luar.

Selain itu pola hidup sehat juga perlu kita lakukan supaya terhindar dari hipertensi, seperti jangan terlalu stres, makan makanan yang bergizi, istirahat cukup, berolahraga dan tentunya menghindari kebiasaan buruk seperti sering bergadang, minum minuman keras dan merokok.

Cara membuat ramuan herbal dari daun jati


Sejak dahulu kala sampai saat ini daun jati dipercaya untuk dijadikan obat herbal alami yang mudah dibuat. Dan jika anda berkeinginan membuatnya maka caranya cukup mudah. Pertama ketika daun jati yang masih muda dari pohonnya, setelah itu cuci bersih dengan air mengalir. Kemudian masak daun jati tersebut pada air yang mendidih, setelah itu dinginkan dan minum sehari sekali dipagi hari atau malam hari sebelum tidur.

Itulah beberapa manfaat daun jati untuk kesehatan, ternyata daun yang sering kita jumpai tersebut juga mempunyai banyak manfaat yang tidak kita sadari. Semoga dengan adanya artikel diatas kita lebih bertambah wawasan ilmu pengetahuan dan tentunya bisa bermanfaat untuk kita semua. Cukup sekian dan semoga bermanfaat..

No comments:

Post a Comment