Wednesday, May 2, 2018

Manfaat daun pepaya untuk berbagai keperluan

Daun pepaya adalah dauh yang dihasilkan dari pohon pepaya, daun ini memiliki ciri khas rasanya yang pahit apabila dimakan ataupun dibuat jamu. Namun dibalik rasa pahit yang dihasilkannya tersebut tersimpan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh.

Daun pepaya juga enak untuk dimasak, meskipun rasanya pahit namun memiliki cita rasa yang enak. Biasanya ada cara sederhana yang dilakukan jika mau memasak daun ini, bisanya sebelum dimasak daun ini diremas remas menggunakan garam terlebih dulu supaya rasa pahit yang dihasilkannya bisa berkurang, baru kemudian dimasak. Dan biasanya daun ini dimasak oseng oseng dengan ditambahkan irisan jeroan ayam dan irisan cabai merah.

Sejak dahulu kala dan hingga saat ini daun pepaya dipercaya berkhasiat untuk mengatasi masalah kurangnya nafsu makan, maka tidak mengherankan bahwa daun pepaya pasti selalu ada pada varian jamu yang dijual oleh tukang jamu keliling. Tidak hanya sebagai penambah nafsu makan, daun pepaya juga masih mempunyai manfaat untuk masalah kesehatan lain. Dan berikut beberapa manfaat daun pepaya untuk kesehatan tubuh.

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan tubuh




Melancarkan Pencernaan

Daun pepaya juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Anda dapat dapat mengkonsumsinya dengan car diolah dijadikan sayur untuk lauk makan, selain rasanya lezat daun pepaya juga bermanfaat untuk kesehatan pencernaan.

Menurunkan tekan Darah Tinggi

Manfaat daun pepaya yang kedua adalah menurunkan tekanan darah tinggi. Bagi anda yang sering mengalami tekanan darah tinggi maka anda bisa mengkonsumi daun pepaya secara rutin supaya tekanan darah Anda menjadi normal. Selain itu daun pepaya juga dapat menstabilkan tekanan darah, jadi tidak hanya untuk menurunkan tekanan darah saja namun juga dapat menstabilkan darah. Jadi bisa juga dikonsumsi bagi seseorang yang mengalami tekanan darah rendah.

Manngurangi rasa nyeri saat haid

Manfaat daun pepaya selanjutnya adalah mengurangi rasa nyeri saat haid pada wanita. Untuk itu bagi anda (wanita) jika haid sedang datang maka anda dapat mengkonsumsi daun pepaya baik itu dimasak sebagai lauk ataupun dibuat jamu supaya rasa nyeri saat haid dapat berkurang atau bahkan hilang.

Menghilangkan Jerawat Di Wajah

Selain itu daun pepaya juga dapat mengobati jerawat yang membandel lho, cara penggunaannya pun cukup mudah. Tumbuk daun pepaya sampai halus kemudian balurkan pada area yang berjerawat, diamkan hingga 20 menit sampai 30 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Membantu penyembuhan demam berdarah

Manfaat daun pepaya selanjutnya adalah untuk membantu dalam penyembuhan demam berdarah. Jika anda ingin mengkonsumsi untuk membantu penyembuhan demam berdarah anda dapat meminum jamu daun pepaya setiap hari 2 kali pagi dan malam hari.

Melancarkan ASI Ibu Menyusui

Daun pepaya yang dikonsumsi  secara rutin juga berkahasiat  melancarkan ASI lho. Bagi anda yang sedang memiliki momongan dimasa menyusui anda dapat minum jamu daun pepaya setiap hari supaya ASI lancar. Boleh sekali saja tiap harinya boleh juga 2 kali setiap harinya.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Beberapa kandungan pada daun pepaya adalah  vitamin  A,B, dan vitamin C. Untuk itu mengkonsumsi daun pepaya dapat meningkatkan imunitas tubuh, serta melawan infeksi virus seperti virus penyebab influensa. Anda dapat mengkonsumsi jamu daun pepaya setiap hari sekali saja untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Anti Malaria
Daun pepaya juga dapat mencegah malaria, beberapa penelitian menemukan bahwa daun ini memiliki sifat anti Malari. Sehingga dapat mencegah virus penyebab sakit Malari yang ditularkan oleh nyamuk.

Memperkuat Tulang Dan Gigi

Dan manfaat daun pepaya yang terakhir adalah untuk memperkuat tulang dan gigi. Daun pepaya memiliki beragam vitamin dan salah satunya adalah vitamin D yang berguna untuk kesehatan tulang dan gigi. Jadi mengkonsumsi daun pepaya secara tidak sadar dapat membantu memperkuat tulang dan gigi yang kita miliki.

Cara membuat obat herbal dari daun pepaya


Jika anda ingin membuat obat herbal alami dari daun pepaya caranya cukup mudah, siapkan daun pepaya 10 lembar, dan siapkan juga air bersih setengah liter. Kemudian masak daun pepaya tersebut pada air hingga mendidih, dan setelah dingin saring airnya dan minum dipagi hari atau sore hari.
   

No comments:

Post a Comment